SYARAT DAN KETENTUAN


Dalam menggunakan dan berpartisipasi dalam layanan pinjam meminjam uang berbasis platform AdaModal, pengguna setuju untuk mengikatkan diri dan tunduk pada Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan AdaModal ("Syarat dan Ketentuan AdaModal"). Bacalah Syarat dan Ketentuan dengan hati-hati sebelum Anda menggunakan Layanan AdaModal. Kami menyarankan Anda untuk mencetak Syarat dan Ketentuan AdaModal ini untuk referensi di masa mendatang.

Dengan mengakses dan/atau menggunakan Layanan AdaModal, Anda menyatakan bahwa Anda telah membaca, mengerti dan setuju untuk terikat secara hukum oleh Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda tidak menyetujui Syarat dan Ketentuan AdaModal ini, berhentilah menggunakan Layanan AdaModal.

 

A.Definisi

 

Keadaan Memaksa adalah suatu peristiwa atau kejadian atau keadaan di luar kendali wajar dari suatu Pihak yang mempengaruhi masyarakat umum di negara atau wilayah pihak tersebut, dan yang mengakibatkan pihak tersebut tidak mampu mematuhi atau melakukan kewajiban tepat waktu berdasarkan setiap ketentuan didalam Layanan AdaModal dan setiap Perjanjian. Peristiwa atau kejadian atau keadaan tersebut termasuk tindakan industri atau sengketa buruh, kerusuhan sipil, perang atau ancaman perang, tindakan kriminal atau teroris, tindakan atau peraturan pemerintah, kegagalan telekomunikasi atau utilitas, pemadaman listrik, kebakaran, ledakan, bencana alam fisik, epidemik dan pembatasan karantina.

 

Layanan AdaModal adalah platform melalui aplikasi yang dioperasikan oleh Perusahaan dengan tujuan untuk menyelenggarakan layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi.

 

Penerima Pinjaman adalah Pengguna yang mengajukan permintaan pendanaan melalui Layanan AdaModal.

 

Pengguna adalah setiap individu atau perusahaan yang telah terdaftar melalui Layanan AdaModal sebagai Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman.

 

Pembayaran adalah transaksi pembayaran atau pelunasan atas Pinjaman oleh Penerima Pinjaman.

 

Pemberi Pinjaman adalah Pengguna yang meminjamkan sejumlah dana berdasarkan permintaan pendanaan yang diajukan oleh Penerima Pinjaman.

 

Perjanjian adalah setiap perjanjian terkait Transaksi yang telah dibuat dan mengikat antara Pihak.

 

Perusahaan adalah PT Solid Fintek Indonesia, suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia yang memiliki kegiatan usaha dalam layanan pinjam meminjam berbasis teknologi informasi melalui platform AdaModal.

 

Pihak adalah Perusahaan, Pemberi Pinjaman atau Penerima Pinjaman.

 

Pinjaman adalah sejumlah dana yang dipinjamkan oleh Pemberi Pinjaman kepada Penerima Pinjaman.

 

Transaksi adalah (i) persetujuan permohonan dana oleh Penerima Pinjaman, (ii) persetujuan pemberian dana oleh Pemberi Pinjaman; atau (iii) persetujuan penggunaan Layanan AdaModal oleh Pemberi Pinjaman atau Penerima Pinjaman.

 

B.Syarat dan Ketentuan Umum

 

Sebelum menggunakan layanan AdaModal, calon Pengguna wajib melakukan pendaftaran melalui platform AdaModal yang dapat diakses melalui situs www.AdaModal.co.id.

 

Pada saat melakukan pendaftaran pertama kali, calon Pengguna wajib menyediakan dan memberikan setiap data/informasi yang lengkap, benar dan akurat.

 

Pengguna, dalam hal perorangan, wajib berusia minimal 20 tahun dan memiliki kapasitas hukum, hak, kuasa dan otoritas yang diperlukan untuk menyetujui Syarat dan Ketentuan AdaModal.

 

Pengguna menyatakan bahwa Pengguna telah memperoleh izin yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada persetujuan dari suami/istri yang sah untuk melakukan pendaftaran melalui Layanan AdaModal termasuk pendaftaran sebagai Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman.

 

Pengguna menyatakan bahwa Pengguna berwenang untuk mengikat entitas (entitas perusahaan Anda) atas nama suatu pihak yang dengannya Anda mengadakan kontrak dan entitas tersebut setuju untuk terikat oleh Syarat dan Ketentuan AdaModal ini.

 

Pengguna yang telah terdaftar dapat berperan sebagai Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman sesuai dengan kriteria dan ketentuan dari Perusahaan.

 

Pengguna yang bersedia menjadi Pemberi Pinjaman wajib melaksanakan seluruh ketentuan didalam setiap Perjanjian yang terkait dan kemudian mengikuti setiap arahan yang telah ditentukan antara lain dengan melakukan pemberian dana yang akan dipinjamkan melalui rekening virtual (virtual account) yang telah dibuatkan oleh Perusahaan.

 

Perusahaan memiliki hak penuh untuk menentukan suku bunga maupun biaya administrasi yang akan dibebankan kepada Pengguna sehubungan dengan penggunaan Layanan AdaModal.

 

Seluruh Pinjaman yang didanai oleh Pemberi Pinjaman dapat dilindungi oleh asuransi kredit. Dalam hal ini, (i) Perusahaan memiliki hak penuh untuk menunjuk dan bekerjasama dengan perusahaan asuransi yang menyediakan fasilitas asuransi kredit dari waktu ke waktu; (ii) besaran perlindungan asuransi kredit yang berlaku mulai tanggal 20 Desember 2018 adalah 100% (seratus persen) dari jumlah Pinjaman yang didanai oleh Pemberi Pinjaman (sebelumnya 70%); dan (iii) Perusahaan memiliki hak penuh untuk mengubah, mengganti, merevisi, membatalkan atau menghapus sebagian maupun keseluruhan dari ketentuan mengenai asuransi kredit termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal yang disebutkan pada butir (i) dan (ii) pada ayat ini (“Perubahan Ketentuan Asuransi Kredit”) yang mana Perusahaan akan menginformasikan kepada Pengguna atas adanya Perubahan Ketentuan Asuransi Kredit melalui Layanan AdaModal dan/atau melalui sarana yang ditentukan oleh Perusahaan.

 

C.Hak Dan Batas Pertanggung Jawaban Perusahaan

Sesuai dengan ketentuan regulasi dan perundang-undangan yang berlaku, Perusahaan hanya menyediakan, mengelola dan mengoperasikan layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi dengan menggunakan Layanan AdaModal, dan dengan demikian:

 

Perusahaan tidak bertanggung jawab atas setiap informasi yang diberikan oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada informasi penggunaan Pinjaman.

 

Perusahaan tidak memberikan jaminan apapun kepada Pemberi Pinjaman atas terlunasinya Pinjaman oleh Penerima Pinjaman.

 

Perusahaan tidak memberikan jaminan apapun kepada Penerima Pinjaman akan kepastian tersedianya Pemberi Pinjaman yang bersedia untuk memberikan Pinjaman berdasarkan permintaan pendanaan oleh Penerima Pinjaman.

 

Perusahaan tidak berkewajiban menyediakan asuransi kredit kepada Pemberi Pinjaman namun Perusahaan berdasarkan kebijaksanaan dapat menyediakan asuransi kredit tersebut.

 

Perusahaan tidak dapat memberikan dana berdasarkan permintaan pendanaan oleh Penerima Pinjaman.

 

Perusahaan tidak akan menerbitkan surat utang.

 

Perusahaan tidak akan memberikan rekomendasi apapun kepada Pengguna atas setiap hal sehubungan dengan Layanan AdaModal.

 

Perusahaan akan menjaga kerahasiaan data/informasi setiap Pengguna kecuali ditentukan lain sesuai dengan kebijakan Perusahaan dan/atau ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku.

 

Perusahaan memiliki hak berdasarkan kebijaksanaannya untuk:

 

menolak permohonan pendaftaran akun dari calon Pengguna;

 

menolak / membatalkan permohonan permintaan pendanaan dari Peminjam;

 

menolak / membatalkan permohonan kepesertaan calon Pendana sebagai Pendana;

 

menolak, menunda atau membatalkan suatu Transaksi.

 

mengutus karyawan, perwakilan atau pihak ketiga yang ditunjuk oleh AdaModal berdasarkan Kuasa dengan hak Subtitusi yang telah diterima AdaModal, ke lokasi atau tempat tinggal maupun tempat usaha Peminjam atau kantor tempat Peminjam bekerja untuk melakukan penagihan pinjaman langsung kepada Peminjam agar Peminjam melaksanakan Pelunasan pinjaman atau Pembayaran terhadap pinjaman berdasarkan perjanjian ini.

 

Terkait bagian 8 di atas, Perusahaan akan menginformasikan calon Pengguna, Penerima Pinjaman dan/atau Pemberi Pinjaman atas alasan penolakan, penundaan atau pembatalan tersebut kecuali diatur lain oleh ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku.

 

Perusahaan memiliki hak untuk mengubah, memodifikasi, menunda atau menghentikan semua atau setiap bagian dari Layanan AdaModal setiap saat.

 

Perusahaan memiliki hak untuk menentukan skema dan ketentuan komersil terkait pendanaan yang ditawarkan kepada Pengguna namun keputusan atau persetujuan atas ketentuan komersil tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna.

 

Perusahaan memiliki hak penuh untuk menentukan bank beserta rekening yang digunakan sehubungan dengan Layanan AdaModal.

 

Seluruh konten yang ada didalam Layanan AdaModal adalah milik Perusahaan dan telah terdaftar di Direktorat Jenderal Hak Atas Kekayaan Intelektual Properti Departemen Hukum dan Hak Asasi Indonesia. Seluruh penggunaan atas AdaModal, domain, gambar grafis, header halaman, ikon, desain, merek dagang, logo atau tulisan sehubungan dengan Layanan AdaModal, selain Perusahaan, adalah aset dari Perusahaan dan penggunaannya harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari Perusahaan.

 

D.Hak Dan Kewajiban Pengguna

 

Pemberi Pinjaman wajib menyalurkan dana yang akan dipinjamkan sesuai ketentuan didalam Perjanjian dan Layanan AdaModal.

 

Seluruh ketentuan yang diatur didalam Perjanjian akan serta merta mengikat Pemberi Pinjaman dan Penerima Pinjaman sampai dengan dibayarkan secara penuh Pinjaman oleh Penerima Pinjaman. Pemberi Pinjaman dan Penerima Pinjaman sepakat untuk tunduk pada ketentuan baru apabila ketentuan yang sebelumnya diatur tersebut dikemudian hari bertentangan dengan hukum dan peraturan yang berlaku di Republik Indonesia.

 

Pemberi Pinjaman akan menanggung seluruh risiko atas pemberian Pinjaman kepada Penerima Pinjaman termasuk keterlambatan pembayaran atau tidak terbayarkannya Pinjaman oleh Penerima Pinjaman.

 

Konfirmasi atau persetujuan oleh Pemberi Pinjaman atau Penerima Pinjaman pada Layanan AdaModal tidak dapat dibatalkan oleh karena sebab apapun.

 

Pengguna wajib menyimpan dan merahasiakan username, sandi/password atau informasi pribadi lainnya yang digunakan untuk mengakses Layanan AdaModal. Kelalaian terhadap penyimpanan dan kerahasiaan hal tersebut menjadi tanggung jawab Pengguna sepenuhnya.

 

Pengguna dilarang menyalahgunakan Layanan AdaModal untuk kegiatan atau aktivitas yang berhubungan dengan unsur pencucian uang atau pendanaan terorisme, pelanggaran terhadap norma-norma sosial, pendanaan kelompok-kelompok yang dilarang berdasarkan oleh ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku, pendanaan perdagangan obat-obatan terlarang (narkotika atau psikotropika) dan/atau kegiatan lainnya yang melanggar ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku di Republik Indonesia.

 

Pemberi Pinjaman menyatakan bahwa sumber dana yang digunakan untuk Pinjaman, baik secara langsung maupun tidak langsung tidak berasal dari sumber yang tidak sah, hasil kejahatan atau kegiatan yang dilarang berdasarkan hukum dan peraturan yang berlaku di Republik Indonsia.

 

Penerima Pinjaman wajib memberikan informasi secara lengkap, benar dan akurat mengenai tujuan peminjaman/penggunaan Pinjaman.

 

Pemberi Pinjaman wajib melakukan penelaahan, pemeriksaan dan penelitian atas informasi yang diberikan oleh Penerima Pinjaman mengenai tujuan penggunaan Pinjaman sebelum menentukan dan menyetujui pemberian Pinjaman.

 

Penerima Pinjaman memiliki hak untuk mendapatkan informasi mengenai status Pinjaman yang akan diterima.

 

Penerima Pinjaman dilarang memberikan konten yang:

 

Mengandung materi apapun yang mencemarkan nama baik siapapun;

 

Mengandung materi apapun yang cabul, menghina, membenci atau menghasut;

 

Mempromosikan materi seksual secara eksplisit;

 

Melanggar hak atas kekayaan intelektual, termasuk tetapi tidak terbatas pada hak cipta, hak basis data atau merek dagang dari orang lain;

 

Memiliki kecenderungan untuk menipu orang lain; dan

 

Mengancam, menyalahgunakan, melanggar privasi orang lain, atau menyebabkan gangguan, ketidaknyamanan atau kecemasan yang tak berguna.

 

Penerima Pinjaman menjamin bahwa konten yang diberikan dalam Layanan AdaModal:

 

Akurat (apabila menyatakan fakta);

 

Benar-benar diyakini (apabila menyatakan pendapat; dan

 

Mematuhi hukum yang berlaku di Indonesia dan di negara manapun tempat konten itu diposting.

 

Dengan ini Peminjam sepakat dengan AdaModal mengutus karyawan, perwakilan atau pihak ketiga yang ditunjuk oleh AdaModal berdasarkan Kuasa dengan hak Subtitusi yang telah diterima AdaModal, ke lokasi atau tempat tinggal maupun tempat usaha Peminjam atau kantor tempat Peminjam bekerja untuk melakukan penagihan pinjaman langsung kepada Peminjam agar Peminjam melaksanakan Pelunasan pinjaman atau Pembayaran terhadap pinjaman berdasarkan perjanjian ini.

 

E.Lain-Lain

 

Perusahaan menyediakan sarana pelayanan Pengguna yaitu layanan pendukung pelanggan (Customer Support) yang dapat diakses sebagai berikut:

 

melalui e-mail ke help@adamodal.co.id

 

Jam kerja Senin hingga Sabtu (08:30-17:30 WIB).

 

Perusahaan menyediakan edukasi dan informasi mengenai layanan atau fitur terbaru melalui website www.AdaModal.co.id, SMS, media sosial, email atau sarana lainnya yang ditentukan oleh Perusahaan.

 

Ketentuan Layanan AdaModal dan Perjanjian dan semua hal yang berhubungan dengan akses Anda ke, atau penggunaan, situs dan Layanan AdaModal ini diatur dan ditafsirkan, dan tunduk pada hukum Negara Republik Indonesia.

 

Pengguna setuju untuk menyelesaikannya secara musyawarah untuk mufakat apabila terjadi perselisihan atau sengketa. Apabila dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kaPendana tidak tercapai kesepakatan penyelesaian maka Pengguna setuju untuk menyelesaikannya melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) yang beralamat di Komplek Green Lake City, Rukan Greet Wall Blok B no.27 Kel. Gondrong, Kec.Cipondoh, Kota Tanggerang, Provinsi Banten, 15147 dan keputusan yang dihasilkan melalui BANI tersebut adalah bersifat final dan mengikat.

 

Perusahaan berhak untuk melakukan perubahan atau pengkinian terhadap seluruh ketentuan Layanan AdaModal yang mana dalam hal ini akan diinformasikan kepada Pengguna. Setiap penggunaan situs atau Layanan AdaModal setelah perubahan Syarat dan Ketentuan AdaModal akan dianggap sebagai penerimaan atas perubahan Syarat dan Ketentuan Pinjaman oleh Anda. Jika Anda tidak setuju pada perubahan Syarat dan Ketentuan AdaModal, Anda memiliki hak untuk menutup akun dan/atau berhenti menggunakan situs dan Layanan AdaModal.

 

Seluruh ketentuan, hak dan kewajiban didalam Layanan AdaModal dapat berakhir dan masing-masing Pihak dibebaskan dari segala tanggungjawab dalam hal suatu peristiwa Keadaan Memaksa terjadi.

 

Perjanjian Privasi dan Otorisasi

 

AdaModal (selanjutnya disebut Perseroan) berkomitmen untuk menghormati serta melindungi privasi pengguna. Perseroan berdasarkan dengan Perjanjian Privasi ini (selanjutnya disebut "Perjanjian") mengumpulkan, menggunakan dan berbagi informasi pribadi Anda. Perjanjian ini mencakup persyaratan untuk pengumpulan, penyimpanan, perlindungan, penggunaan serta berbagi informasi pribadi Anda, kami sarankan Anda membaca terlebih dahulu seluruh isi Perjanjian ini, guna membantu Anda untuk mempelajari cara-cara melindungi hak privasi masing-masing. Agar Anda dapat sepenuhnya memahami Perjanjian ini, kami akan menggunakan pengetikan “bold” untuk menandakan persyaratan dalam Perjanjian ini yang ada atau mungkin memiliki hubungan material/penting dengan kepentingan Anda. Pada saat Anda menyetujui “Perjanjian Privasi dan Otorisasi” ini dalam AdaModal, maka Anda dianggap telah menyetujui penggunaan yang sah serta perlindungan privasi Anda sesuai dengan Perjanjian ini.

Dengan mengakses dan/atau menggunakan layanan-layanan yang tersedia melalui aplikasi ini, Anda dengan ini mengakui bahwa Anda telah membaca dan setuju untuk memberikan kami otorisasi untuk mengakses informasi dari perangkat Anda:

 

CAMERA: Otorisasi kami untuk mendapatkan akses ke kamera Anda atau mengambil gambar/video dari perangkat tersebut;

 

NETWORK: Otorisasi kami untuk mendapatkan akses ke status jaringan internet Anda;

 

LOCATION: Otorisasi kami untuk mendapatkan akses ke informasi lokasi Anda;

 

MICROPHONE: Otorisasi kami untuk mendapatkan akses ke microphone Anda dan menggunakan microphone di perangkat tersebut;

 

Kami mengumpulkan dan menggunakan informasi Anda dalam rangka mematuhi ketentuan undang-undang dan peraturan negara serta penyediaan layanan kepada Anda dan meningkatkan kualitas layanan (termasuk dukungan untuk pengembangan produk baru atau peningkatan fungsi produk yang ada bagi Anda dan pengguna lainnya, untuk memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik). Jika Anda memberikan informasi yang diatur dalam perjanjian ini kepada kami, Anda dapat menggunakan pelayanan jasa yang lebih dari AdaModal, dan/atau menikmati layanan pelanggan yang lebih nyaman dan praktis, dan/atau memungkinkan kami untuk melindungi akun Anda dan keamanan keuangan, dan/atau mencegah dampak negatif kepada Anda yang diakibatkan karena tidak dapat menghubungi Anda secara tepat waktu.

Bacalah hal-hal berikut ini dengan teliti untuk memahami pandangan dan kebiasaan kami sehubungan dengan data pribadi Anda dan bagaimana kami akan memperlakukannya.

 

I. Ruang lingkup pengumpulan informasi pribadi

Ketika Anda mengunjungi website kami atau fasilitas layanan pelanggan mobilitas kami, atau jika Anda menggunakan layanan AdaModal lainnya, dari waktu ke waktu, kami dapat mengumpulkan informasi dan data tentang Anda, termasuk informasi dan data:

 

Bahwa diberikan oleh Anda atau diberikan oleh siapapun yang dizinkan oleh Anda;

 

Dalam kaitannya dengan setiap kunjungan Anda ke aplikasi kami; dan

 

Dari para pihak ketiga lainnya yang diizinkan oleh Anda (seperti afiliasi dan rekan bisnis) dan sumber-sumber yang tersedia untuk umum termasuk lembaga atau biro pemeringkat kredit.

 

Dalam mengumpulkan informasi yang kami maksud diatas, kami akan menggunakan sistem keamanan yang terenkripsi untuk menyimpan dan mengumpulkan informasi pribadi Anda yang sensitif.

 

Untuk memenuhi ketentuan perundang-undangan, serta memberikan Anda layanan yang lebih personal dan mudah/praktis, kami perlu mengidentifikasi identitas Anda. Ketika Anda mendaftar akun AdaModal atau menggunakan jasa AdaModal yang tersedia, Anda perlu memberikan beberapa informasi pribadi kepada kami, termasuk tetapi tidak terbatas, seperti nama, tanggal lahir, identitas (KTP) atau paspor atau nomor atau keterangan identifikasi lain, alamat, nomor telepon, deskripsi dan foto pribadi, informasi perusahaan, informasi kontak darurat dan informasi lain yang terkait dengan informasi tambahan (seperti provinsi dan kota domisili), alamat e-mail, akun media sosial.

 

Apabila layanan keuangan AdaModal yang Anda gunakan perlu dihubungkan dengan rekening bank atau rekening lain yang terkait agar proses pinjam meminjam dapat tercapai, maka Anda perlu memberikan informasi rekening bank Anda, atau media pembayaran lain yang terkait kepada kami.

 

Untuk mendaftarkan akun layanan AdaModal atau untuk meningkatkan saldo, Anda perlu menyediakan informasi berikut ini: lokasi permohonan pendaftaran, informasi identitas, informasi pengenalan wajah orang (syarat ini hanya berlaku untuk aplikasi yang membutuhkan), informasi kontak darurat, informasi keuangan dan kartu kredit.

 

Untuk mempermudah Anda login dengan cepat ke akun AdaModal, selain dengan menggunakan kode verifikasi yang kami kirimkan ke nomor HP Anda, Anda juga dapat memilih untuk masuk menggunakan kata sandi yang Anda atur saat menggunakan AdaModal. Sistem akan mencatat status login Anda sehingga Anda dapat lebih cepat menggunakannya.

 

Untuk keamanan dan penyimpanan data, App AdaModal dapat menyimpan informasi akun dan kata sandi Anda dan data yang terkait dengan Anda di server AdaModal.

 

Untuk mengkonfirmasi dan menilai status kredit Anda, kami akan memberikan konfirmasi melalui verifikasi resmi dengan pihak ketiga untuk mendapatkan informasi Anda yang digunakan untuk menilai informasi status kredit Anda.

 

Untuk mempermudah Anda memeriksa status transaksi Anda atau riwayat transaksi Anda, dan juga untuk mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku, kami akan menyimpan informasi transaksi Anda yang dihasilkan dari transaksi di AdaModal, dan menyimpan serta menjaga informasi – informasi tersebut sesuai hukum dan peraturan yang berlaku.

 

Untuk sepenuhnya melindungi keamanan akun Anda, ketika Anda mengunjungi website AdaModal dan situs terkait, atau AdaModal perangkat mobile client, atau menggunakan jasa AdaModal yang tersedia, kami dapat mencatat/ merekam informasi log operasi Anda, termasuk namun tidak terbatas, alamat IP, perangkat pengenal permanen (seperti: SSAID, alamat MAC, IMEI dan lain-lain), model perangkat keras, versi sistem operasi komputer Anda, lokasi Anda dan log informasi yang berkaitan dengan jasa AdaModal, informasi ini dapat membantu kita untuk lebih memahami Anda dan melindungi keamanan akun Anda, seperti akun login Anda di bawah aktivitas yang mencurigakan, sistem AdaModal dapat memantau risiko akun Anda, untuk mengambil langkah-langkah pencegahan untuk menghindari hilangnya keuangan Anda

 

Selain informasi di atas, kami juga dapat mengumpulkan informasi tambahan tentang kebutuhan untuk memberikan layanan dan meningkatkan kualitas layanan Anda, termasuk informasi tentang AdaModal, informasi yang Anda berikan saat menghubungi tim layanan pelanggan kami, termasuk kuesioner/angket tanya jawab yang Anda isi saat survei AdaModal, serta informasi tentang Anda yang kami dapatkan dari perusahaan aifiliasi AdaModal, kerjasama interaktif perusahaan komersial yang kami kumpulkan. Pada saat yang sama, dalam rangka meningkatkan keamanan penggunaan layanan AdaModal memberikan pencegahan penipuan dan ancaman virus yang lebih tepat dan ampuh, kita mungkin memahami beberapa kebiasaan Anda dalam menggunakan jaringan, informasi software yang sering Anda gunakan dan cara lain untuk menentukan risiko akun, serta mungkin mencatat beberapa URL yang menurut kami berisiko.

 

II. Penggunaan Cookie

Agar Anda memiliki pengalaman akses situs yang lebih rileks dan mudah, saat Anda megunjungi situs AdaModal atau saat menggunakan layanan yang disediakan AdaModal, kami mungkin akan mengenali identitas Anda melalui data kecil, hal ini dilakukan untuk membantu Anda menghemat waktu untuk login lagi serta membantu menilai bahwa akun Anda aman. Data angka ini mungkin merupakan cookie, flash cookie, atau mesin penelusuran atau perangkat lainnya yang berkaitan dengan penyimpanan lainnya (umumnya disebut “cookie”). Perlu Anda pahami bahwa beberapa layanan kami hanya bisa melalui penggunaan “cookie”. Jika search engine/ mesin penelusuran atau perangkat pendukung search engine/mesin penelurusan Anda memungkinkan, Anda bisa mengubah tingkat penerimaan cookie atau menolak cookie dari AdaModal, akan tetapi tindakan ini di beberapa kondisi akan mempengaruhi keamanan saat megunjungi website atau menggunakan layanan dari AdaModal.

 

III. Perlindungan, Penyimpanan Informasi Pribadi dan Penghapusan Data Pribadi

 

Untuk menjamin keamanan data Anda, kami akan melakukan upaya yang wajar untuk memastikan tindakan pengamanan dengan berbagai macam bentuk fisik, teknologi dan kontrol yang sesuai, sehingga data Anda tidak akan disebarluaskan, rusak ataupun hilang, termasuk tidak terbatas pada SSL, penyimpanan dengan pengamanan ekstra, kontrol pada pusat data.Kami juga menerapkan pengendalian yang ketat terhadap karyawan yang mungkin berhubungan dengan data Anda, termasuk dengan menerapkan kontrol dan akses pada tingkatan dan jabatan yang berbeda, menandatangani kontrak kerahasiaan dengan para karyawan tersebut, serta memantau situasi kerja mereka dan juga tindakan lainnya.

 

AdaModal akan menyediakan fasilitas pengamanan untuk melindungi data Anda berdasarkan sistem yang ada sekarang dan yang sesuai, menyediakan jaminan keamanan yang logis dan sesuai, AdaModal akan selalu berusaha setiap saat menjaga agar informasi Anda tidak tersebar, tidak rusak dan tidak hilang.

 

Data Anda tersimpan pada server AdaModal, untuk kebutuhan keamanan dan cadangan data, AdaModal mungkin menyimpan informasi dan data Anda pada server perusahaan afiliasi yang berkaitan.

 

Kami akan memastikan data pribadi Anda yang ada dibawah penguasaan atau berada di bawah kendali kami dan/atau dijadikan anonim sesegera mungkin saat dianggap wajar untuk mengasumsikan bahwa penyimpanan tidak lagi perlu dilakukan untuk tujuan hukum atau bisnis lain apapun.

 

Sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan NOMOR 10 /POJK.05/2022 Pasal 48 mengatakan: (1) Penyelenggara wajib menyimpan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik paling singkat 5 (lima) tahun sejak berakhirnya hubungan usaha. (2) Kecuali ditentukan lain oleh ketentuan peraturan perundang-undangan, pemilik data dapat meminta Penyelenggara untuk menghapus Data Pribadi miliknya. (3) Dalam hal penghapusan data terjadi atas permintaan pemilik data sebagaimana dimaksud pada ayat (4), Penyelenggara wajib menyediakan mekanisme penghapusan Data Pribadi milik Pengguna..

 

IV. Penggunaan dan Pengungkapan Informasi dan Data Pribadi

Karena penyimpanan informasi Anda diatur dalam peraturan negara, dan juga dengan tujuan meyediakan dan meningkatan kualitas pelayanan, untuk merealisasikan tujuan ini, kami akan menggunakan informasi Anda untuk kebutuhan berikut ini:

 

Menyediakan berbagai layanan keuangan dan layanan pelanggan dari AdaModal, serta melindungi dan meningkatkan layanan-layanan tersebut.

 

Membandingkan keakuratan informasi, serta memverifikasinya dengan pihak ketiga. Seperti, memverifikasi data pribadi dan kartu identitas yang Anda berikan kepada organisasi/lembaga yang melakukan verifikasi.

 

AdaModal bekerjasama dengan Advance AI untuk mendapatkan data pribadi anda, data pribadi anda bersumber dari Privy Id yang sudah berlisensi ISO 27001 sehingga data pribadi anda dijamin aman dan terpercaya.

 

Agar Anda mengetahui kondisi penggunaan layanan AdaModal atau memahami layanan AdaModal, mengirimkan pemberitahuan status layanan, program pemasaran serta informasi teknologi lainnya.

 

Digunakan untuk keperluan mengetahui jumlah pengguna AdaModal, mengakumulasi informasi transaksi, menganalisa atau menambah, untuk penjualan, penghargaan, atau supaya Anda memiliki lingkaran sosial yang lebih luas, dibagikan; seperti kami mungkin mengakumulasi akun baru pengguna AdaModal yang terdaftar/ pendaftar baru pada periode tertentu, memberikan promo khusus untuk pengguna tersebut.

 

Meningkatkan konten aplikasi kami untuk memastikan bahwa konten situs, produk, layanan, layanan interaktif, konten pihak ketiga dan situs pihak ketiga disampaikan dengan cara yang paling efektif untuk Anda melalui aplikasi kami.

 

Menjaga akurasi informasi yang telah Anda berikan sebelumnya dan melakukan pemeriksaan anti pencucian, korupsi, atau sumber dana yang bertentangan dengan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

 

Memenuhi persyaratan-persyaratan hukum, regulasi dan kepatuhan di dalam dan luar negeri yang berlaku kepada kami berdasarkan peraturan hukum yang berlaku (termasuk anti pencucian uang dan kewajiban pajak yang berlaku pada kami, dan pengungkapan pada setiap bursa efek, pengadilan, otoritas pemerintah, otoritas pengawas atau regulator lain apapun sesuai dengan pedoman, peraturan, perintah, petunjuk atau permintaan yang relevan dari organisasi-organisasi tersebut) dan mematuhi setiap perjanjian internasional atau perjanjian yang berlaku dengan atau antara pemerintah asing dan dalam negeri yang berlaku kepada kami.

 

Memantau dan mencatat panggilan dan komunikasi elektronik dengan Anda dengan tujuan pencatatan, kualitas, pelatihan, investigasi, dan pencegahan penipuan.

 

Mendeteksi, mencegah, melakukan penyidikan dan mendakwa kejahatan dan penipuan termasuk membantu dalam setiap penyidikan kejahatan oleh otoritas yang relevan terhadap Anda atau pihak ketiga yang relevan terhadap Anda.

 

Kebutuhan-kebutuhan lainnya yang belum diatur dalam Perjanjian ini, namun akan dibutuhkan di masa depan berdasarkan persetujuan Anda.

 

V. Syarat dan Ketentuan Penerimaan Kuasa

 

Terhadap informasi yang Anda berikan, sesuai dengan yang tertera pada peraturan no 1, Anda akan menerima kuasa/ hak yang diberikan atau bisa diterima dari perusahaan ini atau segala perusahan afiliasi yang khusus, berlaku seluruh dunia, seumur hidup, gratis (serta berhak menerima kuasa dalam berbagai aspek lainnya). Selain itu, perusahaan dan afiliasinya berhak (seluruh atau sebagian) menggunakan, menyalin, mengubah atau menyesuaikan, mengedit/mengubah, meluncurkan, menerjemahkan, mendistribusikan, melaksanakan serta menampilkan seluruh angka data Anda untuk kepentingan credit scoring (termasuk dan tidak terbatas pada informasi terdaftar, angka transaksi serta seluruh data yang berhubungan dengan informasi AdaModal).

 

Perusahaan dan afiliasinya akan secara bertahap memperbolehkan pengguna AdaModal mendaftar platform serta layanan lainnya. Pengguna AdaModal pada platform segala kegiatan diminta untuk menaati peraturan sesuai kesepakatan, peraturan yang diumumkan platform serta mengenai penjelasan dan tata acara penggunaan yang benar dan tepat. Untuk merealisasikan fungsi yang disebut di atas, Anda menyetujui bahwa informasi, pembayaran atas transaksi, angka lainnya yang terdaftar pada perusahaan dan juga afiliasinya serta setuju untuk digunakan.

 

Anda memahami dan menyetujui, saat Anda mendaftar untuk menggunakan aplikasi AdaModal, serta memberikan kuasa atau hak kepada perusahaan untuk meggunakan segala informasi dan data keuangan yang Anda berikan untuk menentukan jumlah kredit serta menentukan apakah pendaftaran Anda berhasil.

 

Anda memahami dan menyetujui, memberikan hak kepada perusahaan untuk menggunakan informasi yang Anda daftarkan pada saat pendaftaran dan penggunaan layanan keuangan kami seperti nama lengkap, kartu identitas, alamat, nomor telepon, informasi perusahaan, karakteristik biologis serta informasi lainnya yang berkaitan (seperti provinsi atau kota domisili Anda).

 

Anda memahami serta menyetujui, jika Anda memberikan informasi, memberikan hak atas informasi kartu/ rekening bank, memungkinkan perusahaan untuk:

 

Memeriksa informasi rekening Anda.

 

Memeriksa dan membaca info transaksi rekening bank.

 

Berdasarkan (Perjanjian Pinjaman) melalui pemberian kuasa atau pengikatan rekening bank melakukan layanan penerimaan atau layanan pembayaran.

 

Anda memahami dan menyetujui, saat Anda mendaftar dan menggunakan aplikasi AdaModal, memungkinkan perusahaan berdasarkan (peraturan manajemen kredit) serta peraturan dan hukum lainnya, membayar/kredit/lembaga keuangan kepada pihak ketiga, memperoleh, membuktikan informasi Anda. Semua data pribadi yang diperoleh hanya akan digunakan di layanan AdaModal, serta tidak disebarkan ke organisasi/lembaga lainnya.

 

Anda memahami dan menyetujui, jika Anda menggunakan layanan kredit atau pembayaran, harus melakukan pembayaran berdasarkan periode yang diatur dalam peraturan (Syarat dan Ketentuan AdaModal), perusahaan akan melalui pesan singkat, telepon, akun sosial media memberikan peringatan pembayaran.

 

Anda memahami dan menyetujui, dalam proses pendaftaran, bank yang ditentukan atau lembaga pihak ketiga lainnya yang dalam rangka memberikan layanan yang lebih baik berhak menerima informasi Anda.

 

Anda memahami dan menyetujui, kami akan menyimpan data asli Anda; dalam periode kesepakatan Anda dan kami dapat meminta ulang serta memperbarui setiap saat, terhadap data yang telah melalui penambahan, kami akan simpan di server AdaModal.

 

Anda memahami dan menyetujui, Anda tidak bisa membatalkan pemberian kuasa kepada perusahaan, afiliasinya/ pihak ketiga yang sah untuk memverifikasi data Anda; Anda menyetujui pengumpulan informasi serta membagikannya kepada afiliasi dan juga pihak ketiga yang berkaitan sah dan berkaitan dengan kegiatan operasional; di saat yang sama menyetujui perusahaan, afiliasinya/ perusahaan sah memeriksa dan mengumpulkan data , menyimpan, merapikan, mengedit/mengubah (tetapi di luar informasi yang dilarang oleh hukum, peraturan dan kebijakan aparat hukum).

 

VI. Pembagian Informasi Pribadi

Kami memiliki kewajiban dan jaminan atas data Anda, akan tetapi kami akan mengelola dengan pihak ketiga yang ditunjuk sesuai dengan ISO 27001, yang diantaranya pihak ketiga tersebut adalah FDC/AFPI untuk mendistribusikan data informasi pribadi, dalam kondisi seperti di bawah ini:

 

Memperoleh persetujuan dari Anda.

 

Untuk melindungi AdaModal & perusahaan afiliasi AdaModal, perusahaan anak, dan pihak lain yang legal secara hukum.

 

Melalui transaksi keuangan Anda dengan pihak lain, pihak lawan Anda dapat mengetahui sebagian informasi akun AdaModal Anda (termasuk nama terdaftar di akun, atau nama panggilan).

 

Berdasarkan hukum yang belaku atau permintaan lembaga berwenang tertentu.

 

VII. Pemeriksaan dan Pengelolaan Informasi Pribadi

Anda dapat memeriksa atau mengelola informasi akun Anda pada saat setiap login ke akun AdaModal Anda, jika Anda menemukan kendala, dapat menghubungi customer service AdaModal.

 

VIII. Penjelasan/ Klarifikasi tanggung jawab terhadap Pihak Ketiga

 

Mohon Anda perhatikan, pihak lawan transaksi Anda, pengelola situs pihak ketiga, pihak ketiga penyedia layanan Anda dan pihak ketiga yang menerima informasi Anda dari AdaModal akan berkemungkinan mempunyai peraturan pengamanan privasi tertentu; saat Anda memeriksa situs yang dikembangkan oleh pihak ketiga atau menggunakan perangkat yang dikembangkan oleh pihak ketiga, kemungkinan akan menemukan situs atau program bersangkutan yang memiliki tanda cookie, cookie ini atau tanda ini tidak dikontrol oleh kami, selain itu penggunaan cookie tidak dalam ikatan perjanjian ini.

 

IX. Pertimbangan khusus

 

Kami lebih mengutamakan memberikan layanan kepada penduduk yang berusia 20 tahun ke atas. Jika Anda belum berusia 20 tahun, mohon Anda jangan memberikan informasi kepada kami, dan juga tidak menyarankan Anda untuk menggunakan layanan AdaModal.

Pada dasarnya, kami tidak dapat membedakan usia orang yang mengakses dan menggunakan aplikasi ini. Jika seorang anak di bawah umur (menurut hukum yang berlaku) telah memberikan data pribadinya kepada kami tanpa persetujuan orang tua atau walinya, orang tua atau walinya itu harus menghubungi kami untuk mengapus data pribadi yang terkait dan menghapus nama anak di bawah umur tersebut dari daftar pelanggannya.

 

X. Lingkup Penggunaan

 

Perjanjian ini merupakan bagian yang tidak tepisahkan milik (Syarat dan Ketentuan AdaModal), jika terkait layanan AdaModal lainnya yang memerlukan peraturan khusus, perjanjian ini akan digunakan saat Anda mengunjungi situs AdaModal serta situs berkaitan lainnya, fasilitas mobilitas layanan pelanggan dan layanan AdaModal lainnya.

 

XI. Perubahan Perjanjian

 

Kami sewaktu-waktu akan melakukan perubahan pada perjanjian, dikarenakan pangsa pasar pengguna AdaModal sangat luas dan beragam, jika terjadi suatu perubahan, kami akan memilih mengumumkannnya melalui situs bukan menghubungi Anda secara personal, perubahan yang dimaksud akan berlaku saat diumumkan serta mendapatkan persetujuan dari Anda. Kami akan menganggap Anda telah memahami serta menerima perikatan setelah perubahan perjanjian. Harap sering memeriksa kembali untuk melihat pemutakhiran (update) atau perubahan terhadap kebijakan privasi kami.

 

XII. Pengakuan

 

Anda mengakui bahwa apabila Anda tidak memberikan informasi atau data yang relevan atau menarik persetujuan sehubungan dengan pengumpulan, penggunaan dan/atau pengungkapan informasi atau data yang relevan sebagaimana dijelaskan dalam Perjanjian ini, kami berpeluang untuk tidak dapat membuka atau melanjutkan akun Anda, atau mengakses aplikasi kami.

AdaModal